Minggu, 08 Maret 2020

Perbedaan AbiWord dan KWord


Perbedaan AbiWord dan KWord

          1.      AbiWord
AbiWord adalah salah satu aplikasi word yang dapat digunakan untuk menggantikan Microsoft Word. Aplikasi ini dikembangkan oleh Dom Lachowicz dan beberapa developer lainnya sejak tahun 1998 (sampai sekarang) di bawah naungan AbiSource.Inc. Dengan kapasitas sebesar 7.9 MB, proses pengunduhan dan instalasi tidak memakan waktu yang lama. Proyek Abiword diawali dengan keinginan untuk menciptakan word prosesor yang memiliki tingkat kestabilan yang baik tanpa terikat kepada satu platform dan file format saja. Saat ini, Abiword telah ter-compile ke dalam sebuah aplikasi yang memiliki berbagai feature yang tidak kalah dengan word prosesor lainnya AbiWord merupakan sebuah software pengolah kata (word processor) yang kecil, dan memiliki berbagai fitur seperti tampilan yang terlihat familiar, basic character formatting, pengaturan paragraf, pemeriksa ejaan kata (spell checker), ruler dan tab yang interaktif, style, undo/redo yang tidak terbatas (unlimited), find and replace, dan juga memiliki dukungan gambar (image support).
AbiWord merupakan perangkat lunak bebas pengolah kata (‘word-prosesor’) yang mirip dengan Microsoft Word. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.
Kelebihan menggunakan AbiWord :
      1)      Free (gratis) 
      2)      Multi Platform (produk keluaran dari pabrik/perusahaan yang dikeluarkan untuk banyak sistem operasi / lebih dari satu)
      3)      Open Source
      4)      Ukurannya relatif lebih kecil
      5)      Memory requirement pun cukup kecil
      6)      Tersedia dalam bentuk portable (untuk Windows)
      7)      Fitur-fitur AbiWord terintegrasi dengan layanan AbiCollab.net yang memungkinkan User untuk menyimpan dokumen secara online dan berbagi dokumen dengan teman.

            2.      KWord
KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE. Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.
Kelebihan yang unggul dari KWord sendiri adalah memudahkan editing konten seperti teks, gambar, grafik ke dalam dokumen tanpa usaha yang rumit dalam tata letaknya. Menempelkan dokumen office lain tanpa perlu bersusah payah, KWord juga membawa kekuatan editing berbasis frame untuk semua dokumen sehingga kita memiliki kontrol mutlak dokumen. Kita dapat memilih untuk bekerja di kolom seperti lembar berita, atau memiliki tata letak bebas seperti dalam foto-album. Frames juga dapat dihubungkan sehingga kegiatan pengetikan lebih mudah dengan tata letak KWord yang tampak profesional tanpa menggunakan paket desktop publishing yang lengkap. Dan KWord bisa menghasilkan dokumen dalam beberapa bahasa dengan dukungan penuh untuk bahasa script kanan ke-kiri.

Perbandingan AbiWord dan KWord :
      1)      Tampilan utama
AbiWord

  
                                                                      KWord

     2)      Tampilan menu

AbiWord


KWord

Tidak ada komentar:

Posting Komentar