Selasa, 21 April 2020

Metode Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan

Metode ilmiah atau proses ilmiah; (scientific method) merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisik. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos diuji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah. Selain itu, metode ilmiah ialah cara untuk mendapatkan atau menemukan pengetahuan yang benar dan bersifat ilmiah. Metofr ilmiah mensyaratkan asas dan prosedur tertentu yang disebut kegiatan ilmiah, misalnya penalaran, studi kasus dan penelitian.

Langkah-langkah Metode Ilmiah:
1. Merumuskan kerangka masalah
Rumusan masalah menyatakan hubungan antar variabel penelitian dan merupakan masalah yg dapat diuji dan dipecahkan melalui penelitian.

2. Menyusun kerangka teori
Teori merupakan informasi awal yang digunakan sebagai modal untuk menyusun penjelasan sementara terhadap permasalahan yang ada.

3. Merumuskan hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban atau penjelasan sementara terhadap permasalahan yang kebenarannya masih perlu di buktikan melalui percobaan.

4. Melakukan eksperimen
Eksperimen dilakukan untuk mendapatkan data yg akurat yg dapat membuktikan kebenaran hipotesis.

5. Mengolah dan menganalisis daya
Pengolahan data bertujuan untuk memudahkan analisis data.

6. Menarik kesimpulan
Kesimpulan merupakan pernyataan apakah hipotesis penelitian diterima (sesuai dengan data percobaan ) atau ditolak (tidak sesuai dengan data percobaan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar